NAMA :HENDRI SUGIYATNA PERDANA (28211681)
PANCA RAGIL RIZKIANTO (25211489)
WIDYA AYU NURHAYATI (27211386)
KELAS :4EB24
MATA
KULIAH :AKUNTANSI INTERNASIONAL
Multi National Corporate (MNC)
MNC
adalah perusahaan yang berbasis di satu Negara dan memiliki cabang dibeberapa
Negara. Contohnya seperti coca cola, adidas, MCD, nike, Puma dan masih banyak
yang lainnya. Tapi disini kelompok kita akan membahas tentang perusahaan NIKE.
A.
SEJARAH
PERUSAHAAN NIKE
Nike Inc merupakan
nama dari salah satu perusahaan sepatu besar dunia. Brand dari Amerika yang
memproduksi sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga ini yang telah terkenal
disegala penjuru dunia. perusahaan tersebut dapat membesarkan namanya
dikarenakan mereka sering men-sponsori para athlit dan olahragawan paling
populer didunia seperti Tiger Woods, Ronaldo, Courtois,
Hazard, Ronaldinho dan Wayne rooney dan Michele Jordan sehingga selalu di ekspose media dan
tentunya akan membesarkan namanya. Bukan Cuma itu, nike inc juga memiliki
kerjasama dengan klub klub sepakbola terbesar di dunia dimana sepakbola adalah
olahraga paling populer diseluruh kalangan umur tidak terpaut usia seperti Manchester
United, F.C. Barcelona, Arsenal, F.C. Basel, Juventus, Clube de Regatasd Flamengo, Steaua Bucuresti, AC
Sparta Praha, Red Star Belgrade, Inter Milan, VfL Bochum, VfL
Wolfsburg, Hertha BSC Berlin, Borussia
Dortmund, PSV Eindhoven, Valencia
C.F., Urawa
Red Diamonds, Kaizer Chiefs, Atlético
de Madrid, NK Maribor, Glasgow
Celtic, FC Porto, Paris
Saint-Germain, Boca Juniors, dan Corinthians
Produk Produk yang di
produksi oleh perusahaan nike memiliki ciri khas tersendiri yaitu logo
yang sudah di hak paten kan oleh mereka, sehingga sepintas saja kita melihat
produk mereka maka kita akan tahu bahwa produk tersebut di produksi oleh nike
dan bermerk nike pula, bukan Cuma itu nike juga memiliki slogan yang dikenal
sebagai ciri khas mereka yaitu “just do it”.
Nama Nike sendiri
berasal dari nama dewi Yunani yang berarti kemenangan. Bangsa Romawi menyamakan
Dewi Nike dengan Dewi Victoria. Menurut berbagai dongeng, Dewi Nike disebutkan
sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia
dan Zelus. Dewi Nike dan dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada
saat perang melawan Titan. Arti kemenangan itu sangat cocok karena kebanyakan
dari produk atau sepatu nike dibuat dikhususkan untuk produk olahraga,
perusahaan ini di
dirikan pada tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Philip Knight,
beliau merupakan seorang atlet pelari jarak menengah dan juga merupakan salah
satu mahasiswa akuntansi universitas oregon dengan pelatihnya yang bernama bill
bowerman phil. Mereka memiliki kedekatan tersendiri dan memiliki kesukaan yang
sama kepada teknologi sepatu olahraga dan juga pakaian, pada tahun 1962 Phil
Knight telah selesai dalam menjalankan study nya sebagai mahasiswa akuntansi
dan berkeliling dunia. Philip mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk
bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi
pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah
karena tenaga kerja lebih murah di Jepang. Disinilah awal nike mulai berdiri,
saat Phil Knight singgah di jepang knight tertarik dengan sepatu lari yang ada
di jepang dan beliau mengimport sepatu lari jepang ke amerika serikat hanya
dengan bermodalkan $500 dan hanya mendapatkan 200 pasang sepatu, beliau
menjualnya lagi di amerika serikat.
Phil Knight mulai
menjual sepatunya dengan cara berkeliling di stadion atletik dimana pelan tapi
pasti penjualannya meningkat secara dramatis, dan pada tahun 1970 knight dan
perusahaan yang dia rintis melihat awalnya revolusi jogging dan akhirnya mereka
memiliki inisiatif untuk mulai memasarkan produk sepatu olahraga lari untuk
masyarakat biasa (bukan atlit), dan akhirnya perusahaan nike membuka pasar
lebih luas lagi dan mengubah gagasan yaitu sepatu lari dan jogging menjadi
sepatu fashion, lantas ini menarik minat konsumen mulai dari anak-anak hingga
orang dewasa.
Dia mulai menjual
sepatu keliling dengan tujuan di stadion atletik, dimana penjualan secara pelan
tapi pasti meningkat secara dramatis. Pada 1970-an, Knight dan perusahaan yang
berkembang nya melihat awal revolusi jogging dan mulai memasaran produk untuk
pelari non-profesional juga. Ia lantas segera membuka pasar yang lebih luas dan
mengubah image sepatu lari menjadi sepatu fashion dan menarik semua orang dari
anak-anak sampai dewasa memakainya.
Seiring waktu pun
berjalan hingga pada tahun 1979 perusahaan NIKE telah menguasai lebih dari
setengah pangsa pasar di amerika serikat dan keuntungan perusahaan pun mencapat
$ 149 juta dan pada pertengahan 1980 perusahaan ini pun terlihat tidak ada yang
bisa menggoyahkan, tetapi tanpa diduga-duga muncul saingan baru dan serangannya
pun sungguh sangat kuat yaitu merk REEBOK dan NIKE pun sempat kewalahan dan
kalah dalam persaingan tersebut, namun di tahun 1990 NIKE kembali memimpin
pangsa pasar yang saat itu mereka mengenalkan sepatu terbaru mereka yaitu “Air
Jordan” yang di promosikan oleh bintang basket Michael Jordan.
Mengapa
Nike menggunakan lambang berupa centang yang mereka sebut Nike 'Swoosh'?
Nike 'Swoosh'
|
Ternyata
lambang ini diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi
desain grafis di Portland State University. Dan digunakan sebagai motif pada
sepatu olahraga sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda centang pada desain logo
perusahaan terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1995.
B. PRODUK YANG
DIKELUARKAN DARI PT. NIKE
Bola,Kostum,
Sarung tangan kiper, Sapatu dan jaket
Omset
Nike
pertahunnya mengeluarkan produk yang selalu menciptakan desain dan model baru.
Omset Pertahunnya yang di terima Perusahaan Nike dengan mensponsori Jersey club
Arsenal yaitu 432 M, itu dari perusahaan Nike yang di Eropa. PT.NIKE di kota Yogyakarta yaitu pertahunnya
mencapai 500jt.
Struktur Organisasi
Perusahaan Nike mempunyai organisasi dari
mulai Owner, Pengelola Toko, Bagian Produksi, Bagian Gudang, Bagian Pemasaran,
Karyawan, Karyawan. Itu yang menjadikan Perusahaan melaju pesat dan mampu
bersaing Domestic maupun Internasional.
C.
CABANG PERUSAHAAN NIKE
Nike di Asia
Terlepas dari eksperimen singkat namun tidak berhasil
dengan manufaktur di AS, sepatu Nike selalu dibuat di Asia, awalnya di Jepang,
kemudian di Korea Selatan dan Taiwan, dan baru-baru ini di China dan Asia
Tenggara.
Nike memulai produksi di Korea Selatan dan Taiwan pada
tahun 1972, karena tertarik oleh tenaga kerja murah di sana, dan segera
bergabung dengan perusahaan lain termasuk Adidas dan Reebok.
Tapi Nike kemudian memulai langkah lebih jauh.
Alih-alih memiliki pabrik sendiri, mereka dikontrak produksi lokal di Korea dan
Taiwan.
Sebagai perusahaan bos Nike Phil Knight mengatakan:
"Tidak ada nilai pasti dalam membuat sesuatu hal. Nilai tersebut akan
ditambahkan oleh penelitian yang cermat, dengan inovasi dan pemasaran"
(Katz 1994). Produk Nike sekarang pada dasarnya mengikuti ide dari seorang
desainer dan pemasar sepatu. Industri lantas dilakukan oleh pemasok Korea dan
Taiwan. Sekali lagi, perusahaan lain mengikuti model ini.
Pada 1980-an Nike mencoba membuat produksi di Cina,
dalam kemitraan dengan perusahaan milik negara, tapi hal ini malah mendatangkan
bencana. Nike lantas memindahkan investasinya ke Taiwan. Nike lantas mengambil
keuntungan dari ongkos tenaga kerja yang lebih murah di sana.
Pada akhir 1980-an dengan adanya pergolakan buruh di
Korea Selatan, -peningkatan tingkat upah dan hilangnya kontrol dari tempat
kerja oleh otoritas Korea - telah membuat negara tersebut menjadi kurang
menarik bagi investor, baik asing maupun dalam negeri, yang mulai mencari
lokasi lain yang lebih menyenangkan. Nike lantas memindahkan operasi mereka ke
Thailand selatan dan Indonesia, dalam mencari tenaga kerja lebih murah dan
tidak merepotkan. Upah di kedua negara tersebut disebut-sebut sebagai salah satu
yang murah karena hanya memakai seperempat tarif dari yang dibayarkan di Korea
Selatan. Beberapa asosiasi Nike yang bermarkas di Taiwan juga didirikan di Asia
Tenggara.
Alasan lain untuk perpindahan ini adalah bahwa pada
tahun 1988, baik Korea Selatan dan Taiwan kehilangan akses khusus untuk pasar
AS, yang telah lama mereka nikmati sebagai status "negara berkembang"
di bawah Sistem Preferensi Umum (GSP) AS. investor Korea dan Taiwan lantas
bergerak ke pabrik di Thailand, Indonesia dan Cina dengan menggunakan pembuatan
hak istimewa GSP dari negara-negara miskin.
Dari tujuh Nike pemasok atas sepatu olahraga pada
tahun 1992, tiga adalah perusahaan Taiwan yang memproduksi produknya di Cina,
tiga lainnya beroperasi di Korea Selatan, dan juga di Indonesia, satu adalah
sebuah perusahaan di Thailand.
Sepatu NIKE Telah Menguasai
Pangsa Pasar Indonesia
Pada
tahun 1988 nike mengambil pangsa pasar indonesia dan sejak saat itu pula nike
beroperasi di negara tercinta kita ini hingga tanpa diduga hampir sepertiga
sepatu yang beredar di indonesia merupakan produk dari NIKE Inc. Saat di
wawancarai koordinator perusahaan nike yang ada di indonesia yaitu Tony Band
mengatakan lebih dari 11 kontraktor yang di gunakan oleh perusahaannya di
indonesia, 11 kontraktor tersebut diantaranya adalah bekas basis perusahaan
asosiasi NIKE di korea selatan dan juga di Taiwan yang juga pada saat yang sama
menghasilkan untuk merek lain seperti Reebok, Adidas dan Puma.
Perusahaan
Nike sangat mengutamakan
kualitas produk dengan cara mengawasi setiap produksi barang yang dihasilkan
oleh para kontraktor yang ada di indonesia, bahkan NIKE menyediakan karyawan
tersendiri di setiap pabrik yang ada di indonesia untuk memeriksa kualitas
sepatu nya sebelum di edarkan dan apabila belum memenuhi syarat maka tidak akan
di edarkan.
Perlu
di ketahui juga sebagian besar pabrik yang di percaya oleh NIKE berada di
daerah yang sangat baru di kembangkan untuk industri ringan yaitu di tangerang
dan serang (sebelah barat jakarta), serta pada pabrik yang dimiliki oleh korea
dan ada juga beberapa dimiliki oleh indonesia di pegang oleh orang korea
langsung, bukan Cuma itu manajer tingkat menengan dan supervisor nya pun
sebagian besar juga berasal dari korea, tapi para pekerja untuk memproduksinya
semuanya berasal dari indonesia dan di dominasi oleh wanita mudah yang memiliki
jenjang umur 16-22 dan sebagian besar pekerja tersebut berasal dari jawa.
Karena
begitu banyaknya minat konsumen pada produk ini maka kami pun juga menjual
berbagai produk sepatu NIKE,
anda dapat menemukannya dengan menggunakan fasilitas search di toko online
kami.
D.
LAPORAN
KEUANGAN PERUSAHAAN NIKE
SUMBER :
nike, inc. annual report on form 10-k
Mohon ijin berkomentar
BalasHapus